Wednesday, March 28, 2012

BBM Naik : Apa kata pramuka ?

         Kenaikan BBM yang ditetapkan oleh pemerintah dan akan diberlakukan oleh pemerintah pada tanggal 1 April 2012 nanti menimbulkan pro dan kontra yang berkecamuk di masyarakat. Hal ini disebabkan karena kenaikan BBM akan berdampak kepada seluruh sektor yang ada di masyarakat. Dampak yang sangat terasa terutama pada rakyat menengah ke bawah adalah kenaikan BBM berdampak pula pada kenaikan seluruh bahan-bahan pokok yang sehari-hari dikonsumsi oleh masyarakat.
           "Ada beberapa sektor UMKM yang akan terkena dampak dari kenaikan BBM. Namun, yang paling terpengaruh pertama kali adalah sektor industri makanan," kata Arif seusai acara `Paparan Strategis CIDES: Dampak Kenaikan Harga BBM pada Sektor UKM di Indonesia` di Jakarta, Rabu. 
         Menurut dia, UMKM yang bergerak dalam industri makanan dapat menjadi sektor yang terkena dampak paling besar karena biaya produksinya bisa bertambah sekitar 15 hingga 20 persen ketika harga BBM dinaikkan. 
        Dari pemaparan diatas yang saya kutip dari Antara News dapat disimpulkan bahwa seluruh sektor indusri di Indonesia akan melakukan peningkatan harga jual yang menyebabkan harga barang di pasaran akan semakin tinggi. Tentu saja hal ini sekali lagi penulis katakan sangat merugikan bagi masyarakat utamanya masyarakat menengah ke bawah. Selain sektor Industri, sektor transportasi juga akan terkena dampak dari keputusan ini
         Menurut data yang dihimpun oleh Hizbut Tahrir Indonesia dan dipaparkan pada artikelnya. Ia mengatakan bahwa lebih dari 80 % Rakyat Indonesia menentang secara tegas keputusan yang dibuat oleh pemerintah tersebut. 
                Nah, apa saja yang harus anggota pramuka lakukan dalam
menanggapi hal tersebut. Tentu saja banyak hal yang dapat kita lakukan. Beberapa tips yang dapat kita lakukan akan saya paparkan di bawah ini :

1. Kurangi pemakaian kendaraan pribadi utamanya kendaraan bermotor. Kendaraan pribadi terkadang kurang efektif serta efisien digunakan sehari-hari. Cobalah beralih ke moda transportasi umum ! 

2. Kurangi pemakaian listrik serta energi lain yang berlebihan. Mulailah hidup hemat serta cermat ! Hal ini akan mengurangi beban pemerintah mengenai krisis energi yang kita alami saat ini.

3. Rajinlah berolahraga. Artinya kita dapat menggunakan sepeda jika ingin melaksanakan pekerjaan sehari-hari seperti pergi bekerja, sekolah serta aktifitas lain sebagai alternatif alat transportasi yang ramah lingkungan. Kita juga bisa berjalan kaki sehingga selain hemat kita juga sehat.

4. Aktif bersosialisasi. Sebagai seorang anggota pramuka tentu saja kita punya semangat pejuang dan darah muda yang mampu memberikan sebuah konstribusi dengan mensosialisasikan mengenai manfaat penghematan penggunaan BBM kepada masyarakat. Oleh karena itu aktiflah bersosialisasi. KEEP SPIRIT !!!

5. Mulailah dari diri sendiri. Untuk merubah hal yang besar maka kita perlu mengubah hal yang lebih kecil terlebih dahulu. Hal kecil tersebut adalah diri kita sendiri. Oleh karena itu, mulailah perubahan positif dari diri kita sendiri berlanjut dengan merubah keluarga, lalu lingkungan sekitar, organisasi  yang akan berdampak dalam perubahan Bangsa.

Jayalah Indonesia, Jayalah Pramuka

Terima kasih
 Salam Pramuka

0 comments:

Post a Comment